Kisah cinta yang haru dan menggelitik pasti menjadi film dambaan kita semua ketika sedang bingung mencari referensi tontonan di saat kita ingin nonton film yang ringan sekaligus bikin baper sendiri. 

Buat kamu yang ingin nonton netflix tapi bingung mulai darimana, sini Genny kasih tau ya, apalagi para Gen Z wajib banget untuk simak daftar film komedi romantis terbaik dari tahun 2002 sampai 2022!

Apa itu Film Komedi Romantis

Film komedi romantis adalah subgenre film yang menggabungkan unsur-unsur komedi dengan kisah cinta atau hubungan romantis antara karakter utamanya. Film ini bertujuan untuk menghibur penonton dengan humor, situasi kocak, dan konflik yang seringkali terjadi dalam hubungan asmara.

Rekomendasi Film Netflix Komedi Romantis

Wild Child (2008)

rekomendasi film netflix

Salah satu film komedi romantis yang sangat populer dari masa ke masa ini berkisahkan tentang gadis remaja Poppy (Emma Robert)  asal Malibu, California dengan kehidupan mewah tiba-tiba berubah drastis ketika ayahnya (Gerry) memaksa untuk menyekolahkannya di sekolah asrama khusus wanita yang terletak di Abby Mount, sebuah sekolah asrama di pedesaan England. 

Poppy sangat terobsesi dengan kehidupan bebasnya di Malibu sehingga bersekongkol dengan teman sekamarnya untuk dapat dikeluarkan dari sekolah tersebut.

Mean Girls (2004)

rekomendasi film netflix

Kalau ini sih film favorit Genny banget! Film iconic sepanjang sejarah ini adalah film khas kenakalan remaja ketika belum ada social media seperti sekarang. 

Berkisahkan tentang sulitnya seorang gadis remaja perantauan yang diperankan oleh Lindsay Lohan (Cady Heron) yang bertumbuh besar tiinggal di Afrika harus beradaptasi untuk melanjutkan sekolahnya di sekolah negeri di Amerika Serikat mengikuti ibunya yang berpindah pekerjaan. 

Walaupun Cady tidak lebih dulu berteman dengan kelompok yang cupu tapi dirinya dilirik oleh ketua geng populer bernama Regina George (Rachel McAdams) untuk bergabung dalam geng tersebut dengan niat ingin menghentikan penindasan dalam sekolahnya yang telah terjadi antar pelajar wanita sejak lama.

Fun Fact :  para pecinta film komedi romantis memperingati tanggal 3 oktober sebagai hari jadi film Mean Girls.

Pitch Perfect (2012)

rekomendasi film netflix

Kalau ini sih pasti sudah banyak Gen Z yang familiar dengan film bertemakan akapela satu ini. Film pitch perfect tidak hanya menyajikan kisah romansa serta persahabatan di dunia perkuliahan, tetapi juga pengetahuan tentang akapela yang jarang dilirik oleh orang awam. Dari film sekuel pitch perfect ini, dunia akapela kembali disorot oleh pecinta musik dan menjadi populer kembali.

Diperankan oleh artis muda multitalenta Anna Kendrick yang memiliki pengetahuan musik yang luas, serta hadirnya beberapa sosok pemain film komedian seperti Rebel Wilson sebagai Fat Amy dan Adam DeVine sebagai Bumper membuat Pitch Perfect memborong banyak piala penghargaan di tahun 2013!

Berkat kesuksesannya, film ini melanjutkan serinya pada Pitch Perfect 2 dan Pitch Perfect 3 yang disambut baik oleh penggemarnya.

Bride Wars (2009)

rekommendasi film netflix

Kamu sih harus nonton ini jika suka melihat sosok Anne Hathaway sebagai Emma yang benar-benar mencerminkan sifat aslinya di dunia nyata sebagai wanita yang sederhana, tulus dan apa adanya. Berlawanan dengan sahabatnya Liv (Kate hudson) yang cenderung lebih spontan, tegas, dan heboh. 

Mereka dieratkan oleh obsesi pada pernikahan impian. Keduanya tidak terpisahkan sejak kecil, sampai akhirnya mereka dilamar oleh masing-masing pria impiannya dan menggelar pernikahan di waktu yang bersamaan akibat dari kesalahan teknis seorang wedding planner.

Sesuai dengan judulnya, kamu akan terbawa emosi dengan kelakuan dua wanita yang sedang merencanakan pernikahan sampai hampir memutuskan persahabatan mereka akibat saling mengerjai satu sama lain.

Just My Luck (2006)

rekomendasi film netflix

Masih pada kejayaan Lindsay Lohan yang banyak memerankan film komedi romantis di era kesuksesannya, film Just My Luck adalah salah satu film dengan plot yang unik dan cukup menghibur. 

Kamu pasti akan baper ketika menyimak kisah Ashley (Lindsay Lohan) yang tidak pernah merasa kesulitan karena ia selalu beruntung, dipertemukan dengan Jake (Chris Pine) yang selalu menjalani hidupnya susah payah karena selalu sial. 

Pada kenyataannya mereka tidak bisa bersatu karena ketika mereka berciuman, nasib mereka akan tertukar. 

The Proposal

rekomendasi film netflix

Gen Z yang sedang memulai karir mungkin akan jatuh cinta dengan film ini, ada si aktor tampan Ryan Reynolds sebagai Andrew dan juga aktris yang sangat berbakat Sandra Bullock sebagai Margaret yang juga adalah seorang petinggi di sebuah perusahaan di Amerika Serikat. 

Andrew yang merupakan asisten dari Margaret tidak bisa menolak ajakan sang atasan untuk menjadi suami settingannya, sebagai salah satu cara untuk tetap bisa bekerja di Amerika Serikat dan tidak dideportasi ke Kanada. Tetapi petugas imigrasi melakukan investigasi demi mempercayai rencana pernikahan mereka berdua. 

Margaret dengan gaya khas new yorker yang selalu memakai high heels dan pakaian modis rela menjadi gadis suburban selama berkunjung ke rumah keluarga Andrew yang berada di sebuah kota terpencil di Alaska supaya rencana settingan mereka berhasil.

Ada Apa Dengan Cinta? (2002)

rekomendasi film netflix

Walaupun film ini tayang jauh sebelum kamu lahir, pasti kamu sudah hafal dong dengan alur cerita film ini?

Kisah cinta dari seorang Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang merupakan ketua geng populer di sekolah sekaligus ketua ekskul mading dan Rangga (Nicholas Saputra) yang sangat tertutup di sebuah SMA yang sangat kental dengan seni literatur ini memiliki kesan dan makna yang mendalam bagi masyarakat Indonesia hingga saat ini. 

Salah satu karya terbaik dari sutradara kawakan Rudi Soedjarwo ini merupakan paket komplit dari kisah persahabatan, percintaan, budaya, dan seni literatur Indonesia. 

Semenjak film ini, buku asli berjuduk “Aku” menjadi laris kembali dan paling dicari di seluruh toko buku loh!

To All The Boys I’ve Loved Before (2018)

rekomendasi film netflix

Engga cuma film jadul saja kok, genny juga memasukkan film original netflix ini ke dalam list rekommendasi film netflix! Pasti kamu sangat baper ketika melihat sosok Peter Kavinsky (Noah Centineo) yang sangat gentle dan charming khas laki-laki populer di sekolah.

Berawal dari tersebarnya surat-surat rahasia yang ditulis oleh Lara Jean (Lana Condor) untuk crush masa kecilnya tanpa sepengetahuan dirinya, berimbas pada rencana Peter dan Lara Jean untuk menjadi pasangan settingan, sampai mereka terbiasa dan tidak sadar ketika mereka saling jatuh cinta sungguhan.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jenny Han ini disambut sangat meriah oleh pecinta film sehingga netflix membuat film sekuelnya yaitu berjudul To All The Boys I’ve Loved Before (P.S. I Still Love You) (2020) , dan To All The Boys : Always and Forever (2021)

Eiffel I’m In Love 1 dan 2 (2003)

rekomendasi film netflix

Buat kamu yang suka banget film romansa berlatar Kota Paris, ini yang paling top menurut genny! 

Kamu akan dibuat greget oleh tingkah laku Adit (Samuel Rizal) yang super cuek dan terkesan arogan, yang dipasangkan oleh Tita (Shandy Aulia) yang sangat needy dan manja. 

Keduanya kerap bertengkar seperti pada kartun Tom and Jerry.

Dibalik sikap cuek dan keras kepalanya, Adit ternyata sangat peduli pada Tita dengan caranya sendiri.

Saking ngetop nya, setelah 15 tahun, film yang diadaptasi dari novel karya Rachmania Arunita ini pun membuat meluncurkan film keduanya berjudul Eiffel Im in Love 2  yaitu di tahun 2018. 

Si Tom and Jerry yang selalu bertengkar tapi diam-diam saling peduli, kini di film yang kedua mereka melanjutkan hidup sebagai pasangan dengan hubungan jarak jauh antara Paris dan Jakarta. Melihat kedua sahabatnya Tita sudah menikah, Tita pun gelisah dan kesal karena Adit yang masih betah menjadi pria cuek yang tidak kunjung melamarnya. 

What Men Want (2019) 

rekomendasi film netflix

Last but not least, genny punya rekomendasi film netflix yang masih baru-baru ini tayang di netlfix berjudul What Men Want yang berlatar olahraga basket. Kamu kaum wanita pasti mau banget kan bisa baca pikiran laki-laki yang ruwet dan sulit dimengerti? 

Nah di film original netflix ini, Ali (Taraji P. Henson) sebagai satu-satunya wanita pada agen pemain basket kelas dunia di antara belasan laki-laki sesama tim nya di kantor. Ali merasa dirinya sebagai wanita dinomorduakan oleh atasannya sehingga Ali tidak punya power untuk bersaing.

 isu patriarki dalam film ini dibungkus dengan alur cerita yang ringan dan lucu, apalagi ketika Ali bertemu dengan seorang peramal yang dapat membuatnya mendapatkan super power bisa mendengarkan pikiran semua laki-laki yang melintasinya, tak terkecuali ketika dia sedang bercinta dengan lelaki yang baru ia temui di bar.

Setelah simak sinopsis dari daftar rekomendasi film netflix di atas, udah pasti ingin buru-buru nonton kaan? Jangan sampai skip , Happy binge watching sambil ketawa ngakak dan baper ya!


Dapatkan informasi terbaru seputar musik, artis, film, dan events hanya di Skena GeneraZ.id. Follow juga GeneraZ.id di TwitterInstagram, dan Tiktok.